Indonesianodds - Indonesianodds

Ini Data Aplik「Gambling terms」asi E

  • 时间:
  • 浏览:0

Ada data dari sekitar Gambling termsGambling terms226 rGambling termsumah sakit daGambling termsn klinik di Indonesia yang terekspos, yakni:

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (31/8/2021), dugaan kebocoran data ini berdasarkan penelusuran dari peneliti keamanan siber VPNMentor yang terjadi pada 15 Juli 2021.

Baca juga: Ini Penjelasan Kemenkes soal Dugaan Kebocoran Data Pengguna E-HAC

Sementara itu, data penumpang yang diduga bocor, antara lain:

KOMPAS.com - Aplikasi Electronic Health Alert (e-HAC) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diduga mengalami kebocoran data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Diketahui, dugaan kebocoran data ini tidak hanya di sekitar data pengguna e-HAC, tetapi juga infrastruktur terkait e-HAC.

Baca juga: 1,3 Juta Data di e-HAC Bocor, Ini Tanggapan Kemenkes

(Sumber: Kompas.com/Rosy Dewi Arianti Saptoyo | Editor: Sari Hardiyanto)

Lantas, apa saja data yang bocor dari aplikasi e-HAC?

Sementara itu, mulai 2 Juli 2021, aplikasi e-HAC sudah tidak lagi digunakan karena sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/847/2021.

"Kebocoran data di aplikasi Electronic Health Alert atau e-HAC yang lama, yang sudah tidak digunakan lagi sejak Juli 2021. Tepatnya 2 Juli 2021," kata Anas saat konferensi pers virtual "Penggunaan eHAC Melalui Peduli Lindungi" pada laman YouTube Kemenkes, Selasa (31/8/2021).

Berdasarkan catatan VPNMentor, beberapa data tes Covid-19 yang bocor meliputi:

Diperkirakan terdapat sekitar 1,3 juta data pengguna dengan ukuran mencapai 2 GB dari aplikasi e-HAC yang diduga bocor.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes Anas Maruf mengatakan, kebocoran data tersebut berasal dari aplikasi e-HAC lama yang sudah tak digunakan lagi sejak Juli 2021.

Masyarakat pun diminta menghapus atau uninstall aplikasi e-HAC dari ponsel atau perangkat yang digunakan, sembari pihak Kemenkes, Kominfo, dan pihak terkait melakukan investigasi lebih lanjut.

Pernah travelling selama pandemi & menggunakan eHAC? Selamat data kamu lagi-lagi bocor. Keren kalian @KemenkesRI ????https://t.co/ljlh0K3Owv

Sementara itu, data rumah sakit yang diduga bocor, yakni: