Indonesianodds - Indonesianodds

Susu Kental Manis, antara Sejarah, Gizi 「Crown gambling」dan Kenikmatan Rasa

  • 时间:
  • 浏览:0

CCrown gCrown gCrown gamblingamblingamblingrown gamblingnah, tepatnya 31 Januari 1851, Crown gamblingsusu kental manis mulai diperkenalkan kepada masyarakat. Gail Borden asal Amerika Serikat memperkenalkan alat yang mampu membuat susu mengental dan mudah dikonsumsi dalam kondisi apapun.

KOMPAS.com – Sejarah peradaban manusia telah mencatat, manusia sudah sejak lama mengonsumsi susu hingga akhirnya mengenal varian susu kental manis yang bisa kita nikmati saat ini.

Lebih jauh Fadly menjelaskan pada 1820, lseorang penemu dari Perancis bernama Nicolas Appert, terobsesi menemukan cara untuk mengawetkan makanan, hingga akhirnya ia berhasil mengawetkan susu kental di dalam botol.

Dalam perkembangan selanjutnya, susu kental manis ini kemudian diberikan tambahan gula yang berfungsi sebagai pengawet alami sekaligus menjaga tekstur kental dari susu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Arkeolog Universitas Bristol, Inggris, menemukan sisa susu pada tembikar dari peninggalan 5.000 SM yang ditemukan di Polandia. Sejak saat itu, manusia selalu berusaha agar mampu mengolah supaya susu mampu awet lebih lama.

Sebelumnya selama berabad-abad, susu harus dikonsumsi dalam kondisi segar. Dalam panci vakum ciptaan Gail Borden, susu direbus pada suhu di atas 100 derajat Celcius hingga akhirnya, susu kental bisa dihasilkan.

Arkeolog memperkirakan manusia telah memanfaatkan susu untuk diolah sebagai minuman dan bahan makanan sejak 10.000 SM.

Ilustrasi susu evaporasi dan susu kental manis.

Sejarawan makanan Universitas Padjajaran, Fadly Rahman, mengatakan pada awal abad ke-19, susu kental manis merupakan solusi dari permasalahan susu segar yang tidak memiliki umur simpan lama dan cepat basi karena tidak adanya teknologi pendingin.

Penemuan Gail Borden ini inilah yang kemudian merevolusi proses pengolahan susu di beberapa negara bagian di AS. Cara ini memberikan susu segar menjadi kental, terasa nikmat, dan yang penting bisa diminum dalam jangka waktu lama.

Akhirnya, tepat pada 31 Januari 1851, dia mengumumkan penemuannya ke publik sebagai susu kental manis.